Setiap orang tua pasti sangat peduli dengan kesehatan anaknya. Maka dari itu berbagai cara diupayakan agar kesehatan anak tetap terjaga sejak dini sampai dewasa. Paling tidak sampai anak benar-benar dewasa dan mandiri.

Jika dibanding orang dewasa, anak tentu lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Alasannya karena sistem kekebalan tubuh anak cenderung belum terbentuk sesempurna orang dewasa. Berikut ini beberapa tips jaga kesehatan anak ala SehatQ yang bisa diterapkan.

1. Rajin Cuci Tangan

Sejak dini anak sudah harus diajarkan untuk rajin mencuci tangan. Karena cuci tangan membantu anak terhindar dari bakteri penyebab penyakit. Anda tentu tetap harus membiarkan anak bermain di luar rumah sepuasnya namun ketika masuk ke dalam rumah biasakan anak untuk cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan dicuci memakai air mengalir.

Dengan kebiasaan baik ini kesehatan bisa terjaga. Namun pastikan juga sudah memfasilitasi rumah dengan sarana ke sanitasi yang baik. Misalnya di depan rumah membuat area cuci tangan yang layak jadi anak bisa selalu ingat untuk cuci tangan terlebih dahulu tanpa harus diberitahu sebelum masuk ke dalam rumah. Siapkan sanitasi air dengan baik atau minimal gunakan hand sanitizer untuk yang lebih praktis.

2. Jaga Sistem Imun Anak

Anda juga wajib jaga sistem imunitas tubuh anak. Caranya adalah dengan lakukan beberapa kebiasaan baik. Yang pertama dengan membantu anak untuk bisa mendapatkan tidur yang cukup. Kemudian didukung dengan konsumsi makanan sehat dan hindarkan makanan cepat saji yang punya banyak kandungan bahan pengawet serta gula tinggi.

Lalu di samping itu juga harus menyeimbangkan dengan olahraga secara teratur. Kemudian Anda juga harus mendukung anak dengan menjaga kesehatan mentalnya agar tidak mudah stres. Karena kesehatan mental juga berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh anak.

3. Berikan Imunisasi Rutin

Selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan imunisasi kepada anak secara rutin dan juga pemeriksaan kesehatan. Lakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mata untuk pencegahan penyakit. Lalu berikan imunisasi sesuai vaksin yang tepat agar anak bisa terlindungi dari berbagai virus dan bakteri.

Paling tidak anak sudah mendapatkan imunisasi dasar yang dianjurkan oleh IDAI. Ini merupakan salah satu cara untuk membantu anak punya kehidupan yang tetap sehat dan terjaga sejak dini.

4. Berikan Makanan Sehat

Berikutnya wajib menyajikan makanan sehat untuk anak. Anak tidak boleh mengkonsumsi makanan yang punya kandungan lemak tinggi dan gula tinggi serta kalori yang tinggi pula karena merupakan makanan yang kurang sehat. Anda bisa memasak makanan di rumah agar kehigienisan dari makanan tersebut lebih terjaga.

Pastikan anak mengkonsumsi makanan yang terdiri dari sayur, daging tanpa lemak, kacang-kacangan hingga ikan. Lalu tambahkan juga untuk protein dengan mengkonsumsi susu.

5. Ajak Anak Aktif Bergerak

Yang terakhir, untuk jaga kesehatan tubuh anak maka wajib mengajaknya untuk aktif bergerak dibanding hanya bermain dengan gadget atau nonton kartun. Adapun kebiasaan ini sangat baik untuk membuat anak terhindar dari risiko berbagai penyakit karena melakukan banyak aktivitas fisik juga sangat penting selain melakukan olahraga.

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan pada si kecil. Ketika anak sakit ataupun membutuhkan konsultasi kepada dokter terkait kesehatan si buah hati anda bisa lakukan konsultasi lewat fitur yang ada pada platform SehatQ. Fitur ini dinamakan Chat Dokter. Lewat fitur ini anda bisa menanyakan berbagai hal terkait anak mulai dari keluhan penyakit sampai pilihan obat yang tepat atau pertanyaan apapun. Perlu diketahui dokter dan apoteker siap siaga untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan pada fitur chat ini.