Memiliki lahan yang terbatas bukan berarti jadi halangan untuk membuat desain rumah minimalis. Karena salah satu solusinya adalah dengan membuat desain rumah minimalis 2 lantai agar tetap nyaman sebagai hunian. Desain rumah minimalis memang cukup populer dan diminati banyak orang, karena bisa dibuat dengan lahan yang terbatas dan juga biaya pembuatan rumah yang terjangkau.

Tips Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Bagi yang masih bingung ingin melakukan desain rumah minimalis dengan 2 lantai berikut ini beberapa tipsnya.

1. Ketahui Pencahayaan

Hal pertama yang harus diketahui ketika ingin membuat desain  rumah minimalis 2 lantai adalah bagian pencahayaan. Pastikan bahwa kualitas di nomor satukan untuk membuat rumah minimalis, punya atmosfer yang baik dan pencahayaan cukup. Bisa dengan memilih warna cat dinding yang dipadukan dengan lampu yang tepat untuk memantulkan cahaya.

Tidak hanya itu saja pemilihan warna-warna rumah seperti hitam, abu-abu dan putih untuk bagian dinding menjadi dominasi untuk rumah minimalis. Tidak terkecuali juga pada penggunaan furniture yang warnanya senada.

2. Dekorasi Rumah

Selain yang penting juga untuk menambah sentuhan warna-warna terang di rumah meski konsep rumah Anda adalah minimalis. Anda bisa menambahkan warna terang bukan pada dinding, tapi benda-benda panjangan yang ada di rumah untuk membuat kesan tidak kaku. Misalnya  gunakan pajangan seperti vas bunga atau lukisan yang punya warna cerah.

Selain pada pajangan rumah, Anda juga bisa menambah warna untuk aksesoris ruangan. Seperti misalnya gunakan warna terang pada bantal sofa dan sarungnya.

3. Penggunaan Jendela

Saat desain rumah minimalis 2 lantai maka memanfaatkan yang namanya penggunaan jendela. Manfaatkan jendela besar untuk membuat sirkulasi udara lebih mudah masuk dan juga efek ruangan yang luas dan terbuka. Gunakan jendela dengan desain garis lurus dan tidak ada lekukan atau ukiran untuk membuat rumah jadi tampak lebih luas. Di satu sisi, rumah juga akan terasa lebih nyaman karena sirkulasi udaranya cukup.

4. Bentuk Sederhana

Pada desain rumah dengan konsep minimalis maka wajib menampilkan kesederhanaan. Tidak terkecuali pada berbagai atribut yang ada, maka pilih bentuk-bentuk yang lurus saja tanpa kerumitan. Terapkan kesederhanaan pada berbagai ornamen rumah, tidak hanya jendela atau pintu tapi juga bisa pada tangga.

Bentuk-bentuk ornamen rumah yang banyak lekukan ternyata bisa mempengaruhi tekanan pada otak sehingga membuat penghuni rumah jadi lebih mudah stres. Ini akibat terjadinya visual distraction antara bentuk-bentuk bagian rumah yang rumit.

5. Teknologi Terdepan

Rumah dengan desain minimalis juga harus diberi sebuah sentuhan teknologi yang modern untuk menciptakan gaya hidup modern pula. Salah satunya dengan menggunakan teknologi fungsional pada perangkat rumah. Misalnya saja, Anda bisa menciptakan tempat tidur pada bagian atas rumah sementara di bagian bawahnya difungsikan sebagai dapur mini.

Atau bisa membuat ruang menonton film di lantai 2, sementara di bagian bawah difungsikan sebagai berbagai ruangan multifungsi dan kamar tidur.

6. Pastikan Rumah Bersih

Agar sudah dibuat dapat bertahan lama maka pastikan rumah 2 lantai yang anda miliki harus tetap bersih. Rumah minimalis bisa Anda bersihkan dengan mudah, karena tidak terdapat banyak lekukan dan ukiran yang sulit dijangkau peralatan kebersihan.

Anda bisa memanfaatkan sapu biasa ataupun lap sederhana untuk membersihkan setiap detail bagian rumah. Karena membersihkan rumah dengan model minimalis, tidak memakan banyak waktu maka pastikan rumah bersih sampai ke detail terkecil.

Itu tadi beberapa tips desain rumah minimalis 2 lantai yang bisa diterapkan untuk menghasilkan rumah yang cozy sehingga nyaman ditempati. Untuk yang sedang membutuhkan desainer interior pada rumah dua lantai dengan konsep minimalis, maka Anda bisa memilihnya dari Sejasa. Pastikan Sejasa.com akan membantu Anda untuk menemukan desainer terbaik dan profesional serta memiliki jam terbang tinggi.