Bukan tidak mungkin untuk perbaikan atap rumah yang bocor dilakukan sendiri. Perbaikan atap dapat dilakukan sendiri, terutama jika Anda adalah spesialis konstruksi.

Namun jika Anda orang biasa dan masih ingin mencoba memperbaiki atap yang bocor, Anda bisa mengikuti beberapa saran di bawah ini.

1. Gunakan Anti Air.

Saat musim hujan tiba, atap yang bocor pasti akan mengganggu penghuni rumah tersebut. Inilah mengapa waterproofing bisa digunakan untuk menjaga atap agar tidak bocor. Waterproofing ini didesain untuk menahan kebocoran pada atap rumah agar tidak bocor lagi.

Waterproofing memiliki cairan anti air yang mencegah lapisan atas air bocor. Menggunakan waterproofing ini membantu mencegah atap rumah Anda bocor, yang bisa menjadi perhatian penghuni.

2. Kemiringan Atap Rumah.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa kemiringan atap didesain agar air hujan dapat mengalir ke bawah dengan lancar. Atap rumah yang rata akan mengurangi kebocoran karena saluran air tergenang dan membanjiri beton rumah.

Saat membuat atap, Anda harus memiliki kemiringan 30 hingga 40 derajat. Selain itu, perlu dilakukan pengurangan jumlah sambungan atap agar memudahkan terjadinya kebocoran. Karena saat mendesain rumah, Anda perlu memilih kontraktor yang baik.

3. Periksa Talang Air dengan Rutin.

Saat memperbaiki atap yang bocor, perlu untuk sering memeriksa talang untuk memastikan hal ini tidak terjadi. Lekukan di bagian atas rumah akibat daun-daun yang berjatuhan dari pepohonan menghambat aliran air hujan. Ketika talang air tidak mampu menampung air hujan, aliran yang tersumbat dapat menyebabkan atap rumah bocor.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus membersihkan talang air Anda secara teratur. Dengan demikian, air yang tumpah saat musim hujan tidak akan merusak atap rumah.

4. Perbaikan Genteng yang Rusak.

Jika genteng digunakan di atap rumah Anda, Anda harus segera memperbaikinya saat retak. Untuk rumah yang sering digunakan dalam jangka waktu yang lama, kerusakan akibat faktor usia penggunaan pun tidak dapat dihindari.

Jangan tinggalkan genteng rumah yang rusak  karena akan bocor saat hujan. Pasti sangat tidak nyaman berada di rumah.

5. Pilih Layanan Perbaikan Terbaik.

Jika Anda telah mencoba memperbaiki atap rumah Anda dengan berbagai cara, tetapi tidak berhasil, solusinya adalah menggunakan jasa perbaikan. Jasa renovasi atau renovasi rumah terpercaya dapat membantu membuat rumah Anda kembali nyaman.

Terlepas dari ukuran rumah Anda, renovasi yang tepat akan memberi Anda ruang hidup yang lebih nyaman. Apalagi jika atap rumah rusak, hal ini tentu akan mengganggu penghuni rumah.

Itu tadi beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki atap yang bocor. Bagi Anda yang mencari jasa perbaikan atap bocor atau renovasi bagian rumah lainnya, Anda bisa menemukannya di Sejasa. Sejasa akan membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk masalah perumahan Anda.

Sejasa akan membantu Anda mendapatkan layanan profesional dengan kualitas terbaik dan harga layanan yang wajar. Anda bisa langsung mengunjungi website sejasa.com untuk mendapatkan layanan terbaik dalam tiga langkah. Hal pertama yang harus dikatakan adalah layanan mana yang ingin Anda pilih. Sejasa membantu Anda menemukan rekomendasi, Anda dapat membandingkan satu layanan dengan layanan lainnya untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan.