Dewasa ini, internet bisa dibilang menjadi salah satu pusat informasi paling lengkap bagi masyarakat. Tidak heran apabila setiap bisnis memiliki website sendiri agar lebih mudah menjangkau pelanggan. Akan tetapi, anda perlu menerapkan tips SEO agar dapat bersaing dengan website lainnya. Dimana teknik SEO ini ada dua yaitu On Page dan Off Page. Apa perbedaannya ? Simak ulasan berikut ini.

Pengertian SEO On Page dan Off Page

Bagi anda yang telah memahami SEO, membedakan mengenai SEO On Page dan SEO Off Page tentunya sangat mudah dilakukan. Karena dari namanya saja sebenarnya perbedaan antara keduanya sudah cukup jelas. Dimana SEO On Page yaitu teknik optimasi website yang dilakukan secara langsung di dalam situs web tersebut.

Sedangkan SEO Off Page sebaliknya, yakni teknik optimasi website yang dilakukan di luar website. Sebenarnya tujuan keduanya kurang lebih sama, yaitu agar website bisa memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari. Alhasil situs web akan berada di halaman teratas pencarian Google.

Komponen SEO On Page

Dalam menerapkan tips SEO On Page, terdapat beberapa komponen yang sangat penting untuk diperhatikan. Adapun komponen SEO On Page yakni headings, struktur url, page speed, konten halaman, internal link, sampai mobile friendliness. Dimana headings yaitu judul yang umumnya mempunyai ukuran huruf jauh lebih besar bila dibandingkan dengan bagian lain.

Lalu struktur url sebaiknya mencantumkan kata kunci agar mesin pencari lebih mudah mengenal dan mengetahui sebuah website. Sementara komponen page speed memiliki kaitan dengan kecepatan mesin pencari dalam membantu users menemukan dan mengakses halaman.

Sedangkan konten halaman harus bermanfaat bagi pengunjung, agar situs bisa berada pada urutan pertama ketika pengguna mencari topik yang relevan. Kemudian internal link yaitu link yang ditautkan pada konten dengan halaman lain yang relevan di dalam situs anda. Lalu komponen mobile friendliness yakni seberapa ramah website anda apabila diakses via perangkat seluler.

Komponen SEO Off Page

Untuk menerapkan tips SEO Off Page, juga terdapat beberapa komponen yang dapat mendukung optimasinya. Yakni backlink, DA (domain authority), dan promosi sosial. Dimana backlink adalah istilah yang digunakan untuk tautan yang mengarah kepada situs anda. Sementara DA merupakan metrik buatan beberapa third party.

DA tersebut menjadi acuan atas seberapa besar sebuah website dapat dipercaya. Jadi ini adalah salah satu barometer yang akan berpengaruh terhadap kredibilitas situs bisnis anda. Sedangkan promosi sosial mengacu pada peningkatan peringkat, traffic, dan kredibilitas situs web dengan cara mempromosikannya melalui media sosial.

Baik SEO On Page maupun SEO Off Page sama pentingnya untuk membantu website bisnis anda menjangkau target pasar dengan lebih mudah. Agar kedua teknik optimasi bisa berjalan beriringan dengan baik, menggunakan jasa seo Jakarta seperti WEBARQ Digital Agency akan sangat membantu. Sudah berpengalaman dalam bidangnya, jasa sangat cocok digunakan untuk kebutuhan bisnis.