Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan salah satu hal yang sangat penting baik dalam skala nasional maupun internasional. Semua perusahaan harus menerapkan persyaratan K3 sehingga dapat menunjang keselamatan seluruh karyawan. Maka dari itu profesi di bidang K3 tentu akan sangat menjanjikan sehingga perlu dilakukan pelatihan K3 umum.

Sertifikasi serta penunjukan ahli K3 umum merupakan suatu program pemerintah dalam mengurangi kecelakaan dan penyakit yang ada di dalam pekerjaan. Dengan demikian akan lebih meningkatkan keamanan kerja, image positif perusahaan serta profit yang melonjak.

Ahli K3 Umum merupakan seorang tenaga kerja yang memiliki keahlian khusus untuk melakukan pengawasan terhadap pekerjaan agar sesuai dengan persyaratan perundang-undangan. Sehingga dapat mengurangi resiko, kecelakaan, insiden dan penyakit akibat kerja. Mereka yang menjadi Ahli K3 Umum ditunjuk langsung oleh Menteri Tenaga Kerja, dengan kata lain Ahli K3 Umum ini adalah tangan panjangnya pemerintah.

Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia atau KEMNAKER memberikan program sertifikasi atau pelatihan K3 Umum. Tujuannya yaitu  untuk mempersiapkan ahli K3 di setiap perusahaan agar dapat membantu mengembangkan K3 di perusahaan tersebut.

Pelatihan K3 Umum adalah suatu bentuk seleksi, penilaian atau pelatihan khusus bagi seseorang yang berkeinginan menjadi ahli K3. Dimana ketika nanti sudah lolos seleksi mereka akan mendapatkan sertifikasi. Dan selanjutnya mereka yang sudah bersertifikat memiliki  wewenang untuk menjadi Ahli K3 di tempat kerjanya.

Manfaat Mengikuti Pelatihan K3 Umum

Pelatihan K3 Umum tentu memiliki beberapa tujuan dan manfaat bagi peserta training. Berikut ini beberapa manfaat mengikuti pelatihan K3 Umum baik bagi perusahaan maupun perorangan:

1. Dapat Melaksanakan Pembinaan Operasional K3

Manfaat mengikuti pelatihan K3 umum yang pertama adalah agar peserta mampu dan dapat melaksanakan pembinaan operasional K3. Baik di perusahaan maupun instansi terkait tempat bekerja.

2. Memiliki Sertifikasi K3 yang Bermanfaat di Bidang Finansial

Ketika seseorang mengikuti pelatihan K3 umum makan mereka akan diberikan sertifikat K3. Dimana sertifikat tersebut akan sangat bermanfaat di bidang finansial, sehingga standar gaji ahli K3 umum tidak dapat diragukan lagi. Bahkan profesi ini bisa dibilang sangat menjanjikan hingga beberapa puluh tahun ke depan.

3. Menunjang Promosi Jabatan di Perusahaan

Hampir semua perusahaan membutuhkan karyawan yang memiliki sertifikasi K3. Maka dari itu mengikuti pelatihan ini sangatlah penting, karena dapat menunjang promosi jabatan di sebuah perusahaan. Tidak hanya itu, kita juga akan dengan mudah mendapatkan pengalaman berbeda di perusahaan yang baru.

4. Dapat Memahami Situasi di Lingkungan Kerja

Dengan adanya pelatihan K3 umum maka peserta akan dengan mudah memahami situasi yang terjadi di lingkungan kerja mereka. Tidak hanya itu, mereka juga akan sangat mudah mencari faktor penyebab, cara mengatasinya hingga tindakan pencegahan agar tidak terulang kembali.

5. Mengurangi Angka Kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja

Manfaat nyata dari sebuah pelatihan K3 umum adalah untuk mengurangi angka kecelakaan dan penyakit yang terjadi akibat kerja. Tidak hanya itu, pelatihan ini juga dapat meningkatkan performa karyawan, sehingga terjamin keselamatan serta kesehatannya dalam bekerja.

Memiliki sertifikat K3 umum memang tidak akan merugikan. Bahkan bagi perusahaan atau instansi akan lebih meningkatkan citra positif di mata klien, pemerintah, vendor dan masyarakat.

6. Memberikan Kepercayaan Kepada Mitra Kerja Perusahaan

Tidak hanya akan meningkatkan citra positif bagi perusahaan saja, dengan pelatihan K3 ini juga akan memberikan kepercayaan penuh kepada mitra kerja. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya rasa aman para mitra kerja perusahaan karena tidak adanya hambatan, insiden maupun kerugian yang terjadi dalam perusahaan.

7. Meningkatkan Profit Perusahaan

Dengan adanya citra positif dari pemerintah, masyarakat, klien maupun vendor, sudah dapat dipastikan dengan sertifikasi ini tentu akan menaikkan profit dari perusahaan tersebut. Karena perusahaan akan dapat mencegah serta mengurangi kerugian jika terjadi suatu insiden atau hambatan.

Dalam perusahaan pengetahuan mengenai K3 sangatlah penting, oleh karena itu jadikan kita agar memiliki pengalaman mengenai K3. Salah satunya yaitu dengan mengikuti pelatihan K3 Umum. Untuk mendapatkan layanan dengan harga terbaik dapat menghubungi PT. Centra Artha Prima.

  1. Centra Artha Prima Indonesia adalah Perusahaan jasa K3 Resmi yang ditunjuk Oleh Kementrian untuk melakukan Pelatihan K3 Umum, Pembinaan Auditor SMK3, Petugas Pemadam Kebakaran Kelas D dan Petugas P3K sertifikasi Kemnaker.
  2. Centra Artha Prima Indonesia ini berdiri tanggal 14 Januari 2017 dengan No. 01/2017 yang beralamat di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km.10 Taman Palagan Asri 3, Sariharjo, Ngalik, Sleman Yogyakarta.