Sejak tahun 1897, pelopor KPR Pertama di Indonesia ini tak pernah berhenti melakukan inovasi demi menyediakan perumahan bagi rakyat Indonesia.

 

Bagi Anda yang sudah mengambil KPR atau masih dalam proses, tentunya akan penasaran ya siapa sih lembaga atau bank yang merupakan pelopor KPR Pertama di Indonesia? Ternyata, bank ini sudah ada sejak tahun 1897 atau berdiri saat zaman Batavia. Wah, sudah lama sekali ya berada di Indonesia. Bahkan, bisa dibilang bank ini sudah melintasi era demi era dan menjadi saksi keberadaan Indonesia saat ini. Namun begitu, berbagai inovasi yang dilakukan selalu kekinian, hits dan digandrungi kaum millennial. Ya, siapa lagi kalau bukan Bank Tabungan Negara atau Bank BTN. Dilansir Tirto.id, KPR merupakan rancangan, produk orisinal dari Bank BTN dan diadopsi oleh semua bank di Indonesia.

Pelopor KPR Pertama di Indonesia ini dulunya bernama Postspaarbank yang terletak di Batavia. Gedung kantornya pernah berada di Weltevreden atau Gambir, dan Harmonieplein atau Harmoni pada tahun 1925-1930 dan 1938. Untuk gedung di Harmoni bahkan masih ada hingga saat ini dan dijadikan kantor pusat, lho! Setelah masuk pendudukan Jepang, Bank BTN diambil alih menjadi Tyokin Kyoku atau Chokinkyoku. Menemani Indonesia saat kemerdekaan, akhirnya Bank BTN sepenuhnya bersama pemerintah Indonesia berganti nama menjadi Kantor Tabungan Pos.

Nama KPR berasal dari Asmuadji, Direktur BTN selama tahun 1988-1994 beserta timnya. Ia menceritakan bahwa dirinya meminta seluruh karyawan dalam mengusulkan nama program tersebut. Keluar banyak usulan kata mortgage dan hipotek. Namun, nama KPR dipilih karena menggambarkan konsep kepemilikan dengan dibayar secara mengasur. Nama ini juga dianggap mudah diingat masyarakat Indonesia. Proyek pertama bahkan datang dari Pemerintah Daerah Jawa Tengah yang hendak membangun sembilan unit rumah bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kantor Wilayah Agraria, yang sekarang menjadi Badan Pertanahan Nasional di Semarang. Ingin tahu seperti apa inovasi yang dilakukan Bank BTN? Simak selengkapnya di sini!

Menyediakan Pelayanan Kekinian Melalui Website dan Sosial Media

Sekarang semua serba mudah, tak perlu ke tempatnya bisa diwujudkan hanya tinggal klik. Di era digital seperti saat ini pastinya ingin yang praktis dan mudah. Nah Bank BTN berinovasi dalam menyediakan layanan melalui website dan sosial media ini. Bahkan, tak tanggung-tanggung pelopor KPR Pertama di Indonesia ini memiliki website BTN Properti atau www.btnproperti.co.id, dimana bisa ajukan KPR hanya 10 menit! Wow, sudah cepat, aman dan terpercaya. Pengajuan KPR juga langsung terhubung dengan kantor cabang Bank BTN terdekat dari Anda. Selain itu, ada juga fitur Housing Finance Center yang merupakan komitmen Bank BTN dalam memberikan pusat pembelajaran dan riset perumahan. Di website ini juga, bagi developer juga bisa mendaftar dalam membantu penyediaan perumahan bagi masyarakat.

Jelajahi Berbagai Properti Terpopuler dan Temukan Hunian Impian

Meski sudah mantap memiliki rumah, sering kali kita terhalang berbagai hal mulai dari mencari waktu survei yang pas, menemukan rumah idaman sesuai hingga bingung menentukan area mana yang cukup strategis. Nah dengan Bank BTN, Anda tak perlu lagi khawatir lho! Melalui website BTN Properti, temukan berbagai hunian impian terpopuler. Bank BTN menjadi platform pertama milik bank yang bekerjasama dengan developer di seluruh Indonesia. Tentunya tujuan sederhana, yakni membantu masyarakat Indonesia dalam kepemilikan rumah melalui Bank BTN. Pengembang atau developer pilihan yang sudah ahli dalam bidangnya dan bekerjasama dengan Bank BTN, sebut saja Arya Lingga Manik, Grand Mekarsari, Duta Putra Land, HK Realtindo, Bandara City, PP Urbantown Serpong dan masih banyak lagi.

Terdapat tiga kategori properti yang bisa menjadi pilihan yaitu Properti Populer, Properti Terbaru dan Properti Subsidi. Pada setiap properti, Anda bisa melihat developer penyedia, harga minimum, harga maksimum, cicilan KPR mulai dari, suku bunga, info perumahan, kontak perumahan, data properti (jenis, jalur PDAM dan telepon, status) fasilitas, kontak developer, tipe rumah hingga peta area sekitar, lho. Satu lagi fitur yang paling menarik, yakni fitur 4D atau gambar 360 derajat! Dengan fitur ini, Anda seakan-akan sedang diajak mengelilingi setiap ruangan di hunian tersebut. Kalau udah seperti ini, jadi tidak perlu survei langsung ke tempat lagi deh.

 

Merilis Fitur Hits dalam Membantu Kepemilikan Rumah

Ajuin KPR online bisa, mau cari properti terpopuler di seluruh area Indonesia bisa. Wah, apalagi sih inovasi yang dilakukan Bank BTN? Nah, pelopor KPR Pertama di Indonesia ini juga punya tiga fitur yang memudahkan Anda dalam kepemilikan rumah. Bank BTN memahami kebutuhan konsumen dalam kepemilikan hunian. Ada tiga fitur yang bisa dicoba yaitu Hitung Harga Properti Maksimal, Simulasi KPR, dan Harga Pasar. Untuk fitur Hitung Harga Properti Maksimal cocok buat Anda yang ingin tahu berapa harga properti ideal. Tentunya ini bisa membantu Anda supaya tidak membeli hunian di luar kemampuan atau penghasilan.

Kemudian kedua, fitur Simulasi KPR yang cepat, aman dan jelas. Awali dengan tentukan jenis KPR yang ingin Anda ambil yakni KPR Konvensional KPR Konvensional merupakan pinjaman pemilikan rumah dengan bunga float rendah, atau KPR Syariah adalah KPR yang ditujukan untuk masyarakat dengan nilai-nilai syariah. Terdapat beberapa kolom yang wajib Anda isi. Setelah itu klik hitung, maka Rincian Pinjaman dan Detail Angsuran bisa diketahui langsung. Terakhir, Harga Pasar dimana Anda bisa mengetahui harga yang berlaku untuk hunian idaman. Semua fitur ini juga bisa ditemukan pada aplikasi BTN Properti yang tersedia di App Store dan Google Play!