Ketika akan memulai suatu hal merupakan perjuangan sendiri yang perlu dilewati. Banyak anggapan juga yang menyatakan bahwa memulai atau mencapai suatu hal akan lebih susah dibandingkan mempertahankannya. Hal tersebut juga terjadi ketika seseorang akan baru mulai berinvestasi. Ada banyak hal yang perlu dipelajari terlebih dahulu karena nantinya akan menentukan keuntungan dan kerugian yang bisa dihadapi.

Pastikan mempunyai dasar pengetahuan terlebih dahulu agar bisa melakukan investasi dengan aman dan bisa menguntungkan. Termasuk bagi yang tertarik untuk memilih investasi reksadana bisa memperhatikan mengenai cara investasi di reksadana yang mudah dan cocok bagi pemula seperti berikut ini:

1. Memilih penyedia investasi

Ketika memilih investasi keuangan, pastikan di tempat yang aman yaitu terdaftar dan diawasi oleh OJK. Seperti investasi reksadana yang mempunyai banyak penyedianya baik di perbankan, aplikasi, dan juga berbagai platform lainnya. Sekarang ini juga tersedia produk investasi reksadana secara online yang mempunyai keuntungan karena lebih mudah dan murah. Sebelum memilih penyedia reksadana secara online tersebut, pastikan memilih tempat yang aman dan mempunyai reputasi yang bagus dan dapat dipercaya. Selain itu jangan lupa memilih penyedia investasi yang menawarkan banyak produk reksadana, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Pelajari macam reksadana

Ketika memilih tempat penyedia yang menawarkan banyak produk reksadana, maka di sisi lainnya Anda juga harus bisa mengetahui mengenai keunggulan masing-masing dari produk yang ditawarkan. Terdapat banyak pilihan macam reksadana yang perlu diketahui dan dipelajari bagi pemula yaitu ada reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran. Untuk jenis reksadana pasar uang mengalokasikan dananya pada instrumen di pasar uang seperti Surat Berharga Pasar Uang, deposito berjangka, SBI, obligasi, dan masih banyak lainnya. Jenis ini juga mempunyai keuntungan sebagai reksadana yang bisa dimulai dari 100 ribuan dan mempunyai risiko relatif rendah. Selain itu, Anda juga harus memahami mengenai macam reksadana lainnya yang bisa ditemukan di Indonesia sehingga bisa mendapatkan keuntungan optimal.

3. Tentukan tujuan investasi

Ketika berinvestasi juga penting untuk mengetahui tujuan investasi yang dipunyai terlebih dahulu. Anda bisa untuk menentukan tujuan tersebut sehingga bisa mendapatkan keuntungan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut. Tujuan investasi tersebut juga akan menentukan mengenai modal awal yang dibutuhkan, besar keuntungan yang diinginkan, memperhatikan nilai inflasi, dan juga lainnya sehingga mendapatkan kalkulasi yang tepat. Tujuan tersebut juga bisa membantu untuk mendapatkan jenis investasi dan waktu investasi yang bisa diambil agar bisa mencapai tujuan investasi yang dipunyai.

4. Memahami potensi keuntungan

Bagi pemula yang ingin baru memulai investasi juga penting mengerti mengenai potensi keuntungan yang bisa didapatkan di reksadana. Reksadana dikenal sebagai jenis investasi yang paling aman karena mempunyai kerugian yang minim. Selain itu, cara investasi di reksadana juga perlu mengenal mengenai potensi keuntungan yang didapatkan. Keuntungan tersebut tergantung dari jenis yang diambil. Seperti jenis yang cocok untuk dipilih bagi pemula adalah reksadana di pasar uang yang mempunyai resiko kecil. Sedangkan bagi yang sudah lebih ahli dan ingin mengambil resiko lebih besar bisa memilih reksadana saham yang juga menawarkan keuntungan lebih besar.

5. Rentang waktu investasi

Hal terakhir yang perlu diperhatikan untuk investasi reksadana yang tepat adalah dengan menentukan rentang waktu investasi. Menentukan waktu investasi tersebut bisa mendapatkan tujuan yang diinginkan dan disesuaikan dengan dana yang Anda butuhkan dan punyai saat mulai investasi. Pilihan investasi reksadana sendiri mempunyai rentang waktu yang berbeda mulai kurang dari 1 tahun, 3 tahun, hingga lebih dari 5 tahun yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai.

Agar investasi di reksadana bisa lebih mudah dan menguntungkan, Anda bisa memanfaatkan Syailendra Capital yang merupakan platform aman untuk dipilih sebagai tempat investasi reksadana. Syailendra bisa membantu untuk mewujudkan tujuan investasi reksadana bagi pemula dengan lima langkah mudah. Mulai dari memilih investasi sesuai tujuan, menentukan target investasi, nilai investasi yang diinginkan, merencanakan investasi, hingga kalkulasi investasi untuk mendapatkan keuntungan terbaik.