Diare merupakan salah satu penyakit dan gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi pada bayi. Akan tetapi memang biasanya diare atau mencret yang menyerang bayi akan sembuh dengan sendirinya hanya dalam hitungan hari saja.

Tetapi meski demikian setiap orang tua pasti akan panik apabila bayi mereka terserang diare atau mencret. Meski bisa sembuh dengan sendirinya, akan tetapi yang namanya diare dan mencret pada bayi juga sangat beresiko untuk menjadi masalah kesehatan yang serius apabila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. 

Cara mengatasi mencret atau diare pada orang dewasa dan bayi jelas berbeda. Untuk obat-obatan yang diberikan juga berbeda jadi memang tidak boleh sama karena dosis beda. Perlu diketahui bahwa angka kematian pada bayi yang disebabkan oleh diare di Indonesia cukup tinggi dan bahkan tidak hanya di Indonesia saja namun juga hampir di seluruh wilayah dunia.

ada beberapa penyebab mencret pada bayi yang sangat perlu orang tua pahami dan perhatikan dengan baik-baik. Biasanya beberapa hal yang menyebabkan mencret pada bayi adalah seperti adanya infeksi yang terjadi pada usus yang disebabkan oleh adanya virus dan bakteri serta parasit pada saluran pencernaan bayi.

Tidak hanya itu saja, mencret pada bayi juga bisa disebabkan oleh adanya masalah keracunan makanan bagi bayi yang sudah konsumsi MPASI dan terlalu banyak konsumsi jus buah. Alergi obat-obatan juga bisa menjadi salah satu penyebab mencret pada bayi.

Mencret yang terjadi pada bayi biasanya yang disebabkan oleh virus dan bakteri akan sembuh dengan sendirinya dan hanya butuh waktu beberapa hari saja. akan tetapi yang namanya bayi masih harus tetap mendapatkan asupan cairan dan nutrisi yang cukup supaya saat mencret bayi tidak lemas dan pucat serta masih punya tenaga. Untuk itu, berikut adalah beberapa langkah dan cara aman untuk mengatasi mencret pada anak-anak:

1. Memberikan ASI dan tambahan cairan elektrolit

Yang perlu dilakukan oleh orang tua ketika anak terserang mencret adalah dengan memberinya ASI dan ditambah dengan asupan elektrolit. Untuk mengatasi masalah mencret pada bayi orang tua harus memberikan asupan ASI lebih sering dibanding dengan hari-hari biasanya. Hal ini tidak lain karena ASI adalah salah satu sumber nutrisi yang sangat penting untuk menggantikan cairan bayi yang hilang karena diare. Tidak hanya itu saja, ASI juga banyak mengandung antibodi yang mampu untuk membantu bayi dalam proses melawan bakteri yang menyebabkan diare.

2. Memberikan asupan probiotik

Selain ASI salah satu langkah paling aman yang bisa dilakukan oleh orang tua supaya mencret yang terjadi pada bayi bisa segera sembuh adalah dengan memberinya asupan probiotik. Banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan jika dengan memberikan asupan probiotik pada bayi maka mampu untuk mendukung proses penyembuhan dan juga mampu untuk mempercepat proses pemulihan bayi yang sedang mencret.

Cara mengatasi mencret pada bayi dan orang tua seperti yang sudah dijelaskan di atas memang beda. antara tubuh bayi dan orang dewasa daya tahan tubuhnya juga beda. untuk itu, sebagai orang tua yang bijak sangat tidak disarankan untuk memberikan obat diare atau mencret pada bayi tanpa dengan resep dokter. Jangan asal sembarang membeli obat untuk bayi baik untuk obat diare atau yang lain. karena kita tidak akan pernah tahu apakah bayi kita alergi atau tidak dengan obat tersebut.

Dan itulah beberapa cara tepat mengatasi mencret dari Diarepedia  ketika bayi kamu sedang mencret dan Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara mengatasi diare atau mencret pada bayi, atau mungkin untuk kamu sendiri bisa berkunjung ke situs Diarepedia yang khusus membahas berbagai macam masalah penyakit pencernaan seperti diare mulai dari penjelasan tentang diare sampai cara mengobati penyakit diare lengkap dibahas pada website Diarepedia ini.