Freon adalah salah satu komponen penting pada AC yang fungsinya untuk mengalirkan udara ke ruangan, agar ruangan terasa dingin dan sejuk. Freon ini memiliki sistem di mana kapasitasnya bisa lama-lama habis ketika dipakai terus-menerus. Untuk itu, Anda harus melakukan pemeriksaan freon secara berkala agar bisa tahu kapan freon habis dan jangan sampai kehabisan. Untuk tambah freon tentu Anda harus tahu harga isi freon di rumah bagi yang memiliki AC untuk rumah.

AC yang ada di rumah tidak boleh sampai kehabisan freon, karena bisa menyebabkan udara yang keluar tidak dingin dan mengakibatkan masalah lainnya. Maka dari itu ganti freon saat sebelum habis atau benar-benar habis.

Harga Isi Freon di Rumah

Harga isi freon di rumah tentu saja biayanya jauh lebih terjangkau dibanding freon untuk AC di gedung perkantoran. Karena biasanya jumlah AC di rumah tidak sebanyak dengan AC di area perkantoran ataupun tempat-tempat komersial. Namun sebelum ganti freon atau isi freon sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.

1. Ketahui Jenis Freon AC

Hal pertama yang harus dipahami terlebih dahulu adalah jenis freon yang digunakan. Biasanya terdapat berbagai jenis freon mulai dari R410A, R32 dan masih banyak lagi. Jika tidak mengetahui jenis freon, Anda juga bisa tanyakan pada teknisi AC.

2. Takaran Freon

Selain jenis freon, penting juga memahami berapa banyak freon yang harus dimasukkan yang berkaitan dengan kemampuan di dalam membaca alat ukur. Anda bisa menggunakan alat yang dinamakan manifold untuk membaca kemampuan daya tampung freon.

3. Persiapan Alat dan Bahan

Persiapan alat dan bahan ini hanya untuk Anda yang ingin mengisi freon secara mandiri tanpa bantuan teknisi. Anda butuh yang namanya alat manifold lalu tang ampere dan juga kunci inggris dengan ukuran 10 dan 12 inci.

Kemudian dibutuhkan juga kunci pas satu set, alat peleleh pipa atau disebut flaring dan juga tabung freon serta obeng set.

4. Tahap Isi Freon

Untuk tahapan ini dimulai dari menyalakan AC freon terlebih dahulu.

  • Kemudian gunakan kunci inggris membuka penutup servis valve yang ada di pipa besar.
  • Hubungkan selang manifold berwarna biru ke service valve lalu pasang selang berwarna kuning ke refrigrant atau freon.
  • Cek tekanan freon dengan menggunakan alat yang sudah disediakan. Jika Anda merasa tidak menemukan tekanan bisa jadi AC mengalami kebocoran di sistem pendingin.
  • Lebih dahulu cari tahu kebocoran tersebut sebelum isi freon. Untuk proses perbaikan AC yang bocor bisa dilakukan dengan metode pengelasan. Terlebih dahulu buang freon yang masih tersisa sebelum proses pengelasan dan vakum dengan mesin vacuum sampai mencapai 30.
  • Pasang kembali selang manifold berwarna biru ke pengisi freon dan selang kuning ke tabung freon.
  • Buka ke penutup keran valve dengan ukuran 3/8 menggunakan kunci L pada keran lalu putar untuk membukanya.
  • Nyalakan AC split sampai unit indoor mengalirkan listrik ke unit outdoor dan lepaskan selang biru.
  • Untuk pengisian freon lakukan pengisian dengan cara memutar keran freon berwarna biru ke kiri dan perhatikan jarum jam indikator pada manifold untuk tahu berapa banyak freon yang sudah dimasukkan.
  • Lakukan pengisian sedikit demi sedikit agar tidak merusak klep kompresor. Jika pipa instalasi berembun maka tandanya freon sudah cukup dimasukkan.
  • Tutup kembali keran pada tabung freon lalu lepaskan selang dan cek amperemeter.
  • Lepaskan selang manifold lalu tutup servis valve.

Tentu saja tidak semua pemilik AC bisa melakukan pengisian freon di rumah. Apalagi harga isi freon di rumah tentu saja lebih terjangkau dibanding komponen AC lainnya rusak akibat freon habis total.  Agar tidak mengalami masalah pada saat pengisian freon, sebaiknya gunakan jasa teknisi profesional. Anda bisa pilih tukang service AC dari jasa profesional lewat aplikasi Sejasa. Sejasa akan membantu untuk memberikan referensi tukang servis terbaik. Di Sejasa, harga isi freon R22 AC 0,5-1 PK sebesar Rp. 250.000,- dan isi freon R22 AC 1,5-2 PK sebesar Rp. 350.000,-