Indonesia termasuk salah satu Negara luas yang terhampar daratan dan juga lautan dari Sabang hingga Merauke. Dengan area yang luas, tentu memiliki kekayaan alam yang banyak dan luar biasa sehingga harus dijaga kelestarian agar generasi berikutnya masih bisa menikmati berbagai kekayaan alam yang ada. Salah satu upaya yang selama ini dilakukan oleh Pemerintah adalah menghadirkan sebuah kawasan yang dinamakan taman nasional. Manfaat adanya taman ini tentu sudah jelas yaitu untuk melakukan penelitian, pendidikan, dan ilmu pengetahuan yang mendukung serta menunjang pariwisata, rekreasi, dan juga budidaya.

Secara total, taman nasional Indonesia berjumlah 50 taman yang tersebar hampir di seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Dari total 50 taman, ada 6 taman nasional yang sudah ditetapkan oleh UNESCO menjadi Situs Warisan Dunia. Penasaran apa saja taman nasional yang termasuk dalam Situs Warisan Dunia? berikut ini akan dibahas 3 taman nasional yang ada di Indonesia.

Taman Nasional Lorentz

Taman nasional yang satu ini terletak di bagian tengah hingga selatan Papua dengan luas sekitar 2,5 juta hektar sehingga menjadi taman nasional paling luas yang ada di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara. Didirikan pada tahun 1997, kemudian 2 tahun berselang yaitu tahun 1999 mendapatkan pengakuan sekaligus ditetapkan UNESCO menjadi salah satu Situs Warisan Dunia. Di taman ini terdapat banyak spesies yang mendukung keanekaragaman hayati yang ada di Provinsi Papua. Beberapa spesies yang bisa ditemukan mulai tanaman berbunga, mamalia, burung, reptil, dan juga amfibi.

Taman Nasional Komodo

Taman nasional yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia yaitu Taman Nasional Komodo yang lokasinya di NTT. Tempat ini merupakan taman nasional tertua karena didirikan pada tahun 1980. Setelah 6 tahun tepatnya pada tahun 1986, UNESCO menetapkan taman nasional ini sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Luas taman ini sekitar 173 ribu hektar yang terbagi menjadi terestrial dan juga perairan. Awalnya difungsikan sebagai melindungi dan melestarikan komodo yang berjumlah cukup banyak di taman ini sekitar 2.872 ekor berdasarkan data yang dirilis tahun 2018. Selain komodo, ada spesies hewan lain yang bisa ditemukan seperti mamalia, burung, reptil, dan beberapa hewan yang dilindungi.

Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman nasional berikutnya ada di Pulau Sumatera tepatnya di Jambi yaitu Taman Nasional Kerinci Seblat dengan area yang luas membuat tempat ini menjadi yang terluas di Pulau Sumatera. Didirikan tahun 1994, kemudian tahun 2003 sudah ditetapkan menjadi SItus Warisan Dunia yang memiliki luas sekitar 13.750 km persegi. Beberapa spesies yang ada di taman ini meliputi berbagai jenis tanaman, anggrek, burung, primata, reptile, amfibi, dan juga mamalia.

Itulah 3 taman nasional yang sudah ditetapkan secara langsung oleh UNESCO menjadi Situs Warisan Dunia yang terletak di Indonesia. Bagi yang ingin liburan ke tempat wisata sekaligus mengunjungi taman nasional maka bisa datang ke Jogja karena ada Taman Nasional Gunung Merapi yang bisa dijadikan sebagai destinasi liburan. Apalagi ada banyak tersedia hotel di Jogja sehingga memudahkan setiap orang untuk menemukan penginapan yang nyaman.