Gunung Kelud terletak antara Kediri, Malang, dan Blitar. Gunung ini termasuk ke dalam daftar gunung dengan letusan terkuat yang pernah terjadi.

Ada juga yang mengatakan bahwa gunung Kelud telah puluhan kali meletus, benarkah itu? Simak pembahasan berikut ini ya, 7 fakta menarik mengenai Gunung Kelud.

1. Meletus 40 kali

Ternyata, pernyataan bahwa Gunung Kelud telah meletus sebanyak puluhan kali benar adanya. Gunung ini telah meletus sebanyak 40 kali yang didasari oleh penelitian Lembaga Smithsonian.

Menariknya lagi, 40 kali letusan itu dicatat dalam waktu 100 tahun terakhir.  Ini berarti Gunung Kelud menjadi salah satu gunung yang paling aktif.

2. Danau kawah

 Gunung Kelud memiliki kawah yang terletak di puncaknya, tepatnya pada tahun 2007 sebelum erupsi terjadi. Air yang terdapat dalam danau ini dinyatakan sebanyak 40 juta m³, itu adalah jumlah yang sangat banyak.

Pada tahun 1902, pemerintah Belanda membangun sistem terowongan untuk mengurangi air dalam danau. Hal ini dibuat agar air yang ada dalam gunung berkurang sehingga lebih aman meskipun gunung akan meletus.

3. 3 Kabupaten

Gunung yang memiliki ketinggian 1717 di atas permukaan air laut ini terletak di perbatasan Kediri, Malang, dan Blitar. Gunung ini juga merupakan gunung yang paling aktif di Jawa Timur.

Meskipun terletak di daerah, namun puncak gunung ini terletak di Kabupaten Kediri, tepatnya di Kecamatan Ngancar. Namun tidak ada salahnya jika orang menyebut gunung ini terletak di Malang maupun Blitar

4. Letusan pada tahun 2007

Pada tahun 2007, Gunung Kelud kembali aktif. Hal ini didasarkan pada data dimana terjadi aktifitas gempa dan meningkatnya suhu air pada danau.

Beruntungnya, aktifitas gunung Kelud pada tahun 2007 tidak menimbulkan erupsi yang besar. Namun air pada danau menghilang digantikan oleh kubah lava di puncak gunung.

5. Letusan pada tahun 1990

Gunung Kelud kembali aktif pada tahun 1990, tepanya pada tanggal 10 Februari hingga 13 Maret. Itu berarti gunung ini bergolak selama 45 hari dan mengeluarkan sebanyak 57,3 m³ material vulkanik.

Dari danau kawah, terdapat lahar dingin yang menjangkau jarak 24 kilometer yang melewati 11 sungai. Salah satu terowongan pun tidak bisa digunakan dan baru selesai perbaikan serta digunakan secara normal pada tahun 1994.

6. Letusan pada tahun 1586

Tahun 1586 adalah tahun dimana letusan terbesar terjadi di gunung Kelud. Hal ini membuat 10.000 orang kehilangan nyawanya dan sudah pasti ledakannya sangat besar.

Mengapa ledakannya sangat besar? Itu karena analisa bahwa saat itu belum banyak orang yang tinggal di sekitar gunung Kelud. Jika mampu membuat 10.000 orang meninggal dunia, pastilah ledakan gunung ini memiliki jangkauan yang sangat luas.

7. Tipe gunung

Stratovulkan merupakan tipe dari gunung Kelud dimana gunung ini memiliki letusan yang eksplosif. Subduksi antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia lah yang membuat gunung ini.

Karena letusan di masa lalu, gunung Kelud jadi memiliki beberapa puncak. Puncak yang tertinggi saat ini terletak di Kediri.

Itulah 7 fakta mengenai gunung Kelud, gunung yang letusannya menjadi salah satu letusan terbesar. Jika kamu ingin selalu update tentang berita, maka kamu dapat menyaksikan acara berita di stream INews TV ataupun dengan menginstal aplikasi RCTIplus. Pada aplikasi tersebut, kamu juga dapat melakukan streaming berbagai stasiun Televisi.