Vacuum Pump adalah sebuah alat yang dimanfaatkan untuk membantu mengeluarkan gas pada sebuah ruangan yang tertutup supaya bisa mencapai tekanan vakum yang diinginkan. Alat vakum ini biasanya digunakan dalam industri besar seperti misalnya pabrik lampu, alat kesehatan, komponen elektronik dan lain-lain.

Salah satu dari jenis vakum ini adalah rotary vane vacuum pump. Yang mana jenis vakum ini membantu untuk perpindahan putar oli yang tertutup. Pada setiap industri, vakum tentu di rawat secara baik agar tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Berikut ini beberapa tips untuk perawatan vakum.

1. Perawatan Rutin

Pompa vakum baiknya dirawat secara rutin. Yang pertama yaitu periksa minyak pompa dan oli jika untuk perawatan harian. Sementara untuk perawatan mingguan, maka periksa pompa vakum apakah minyak bocor. Lalu perhatikan asupan udara pada senapan udara yang ada di rakitan. Bersihkan semuanya dari debu dan kotoran.

Untuk perawatan pompa vakum secara bulanan maka periksa oil separator, periksa apakah ada asap atau injeksi bahan bakar. Anda juga harus mengganti saringan knalpot vakum ketika ada masalah. Untuk perawatan 6 bulan maka periksa pompa vakum apakah terdapat kotoran dan endapan karbon. Anda juga harus bersihkan bagian tangki bahan bakar, pompa dan kipas angin serta sirip pendingin. Untuk pengerjaan pompa vakum dari 500 sampai 2000 jam membutuhkan perawatan seperti ganti pompa knalpot, ganti minyak vakum, saringan pompa vakum dan katup pengapung pompa dan pipa harus diganti juga.

2. Periksa Minyak Pompa

Vacuum pump harus selalu diperiksa. Pewarna pada minyak pompa vakum harus selalu cerah dan jernih dan tidak terjadi pengendapan bahan putih bening. Jika terjadi maka harus langsung mengganti penggunaan minyak pompa vakum.

Untuk penggunaan minyak pompa ini tergantung lingkungan kerja. Misalnya untuk ekstraksi gas bersih dan kering pada suhu operasi di bawah 100 derajat Celcius, maka memerlukan penggantian minyak setiap 500 sampai 2000 jam kerja atau dihitung setiap 6 bulan. Namun untuk lingkungan dengan pekerjaan yang keras maka penggantian minyak vakum pompa dilakukan setiap 500 jam pekerjaan.

3. Periksa Knalpot Filter

Pemeriksaan juga perlu dilakukan pada bagian knalpot filter. Anda bisa gunakan alat untuk mengukur tekanan knalpot agar bisa mendeteksi apakah saringan knalpot tersumbat. Anda juga harus membaca pada alat pengukur tekanan, agar bisa melihat apakah knalpot tersumbat atau harus diganti.

Jika tidak ada alat maka anda bisa melihat pengukuran filter knalpot pada perubahan arus motor penggerak. Saat pengukur tekanan knalpot menunjukkan tekanan yang lebih rendah maka saringan knalpot mengalami kerusakan dan harus diganti.

Belum perbaikan maka anda wajib untuk mematikan pompa vakum dan potong daya agar tekanan atmosfer terbuka. Setelah itu buka port pembuangan lepaskan filter knalpot yang dilengkapi segel.

Itu tadi beberapa tips untuk perawatan vacuum pump. Bagi Anda yang sedang melakukan perawatan vakum pompa maka maksimalkan efisiensinya dengan pemasangan dan kalibrasi serta toleransi yang tepat.

Pembelian pompa vakum harus melalui distributor Becker Pump yang tepat. Di Indonesia Anda bisa menemukan banyak distributor yang tepat. Anda bisa menemukan distributor baik lewat online maupun offline. Salah satunya bisa membeli di Intidaya Dinamika Sejati. Perusahaan ini tidak hanya menjual vakum pompa tetapi juga produk lain seperti kompresor dan sistem pneumatic. Untuk informasi selanjutnya Anda bisa kunjungi Intidayads.com.